Apa Yang Harus Dikerjakan?[1]

Masalah-Masalah Mendesak Gerakan Kita

V.I. Lenin (1902)


Sumber: Dari V. I. Lenin, Apa Yang Harus Dikerjakan?, Yayasan Pembaruan, Jakarta

Diambil dari situs www.indomarxist.net


ISI

•. Kata Pengantar
I. Dogmatisme dan "Kebebasan Mengkritik"
II. Spontanitas Massa dan Kesadaran Kaum Sosial-Demokrat
III. Politik Trade-Unionis dan Politik Sosial-Demokratis (Tidak Lengkap)
IV. Kerajinan-Tanganisme (Keprimitifan) Kaum Ekonomis dan Organisasi Kaum Revolusioner (Tidak Lengkap)
V. "Rencana" Untuk Surat Kabar Politik se-Rusia
•. Kesimpulan
Tambahan. Usaha Mempersatukan Iskra dengan Raboceye Dyelo
•. Koreksi Atas Apa Yang Harus Dikerjakan?

 

Catatan:

[1] Buku Apa Yang Harus Dikerjakan ? Masalah-Masalah Mendesak Gerakan Kita ditulis oleh Lenin pada akhir tahun1901 dan awal tahun 1902. dalam artikel “Dari Mana Mulai ?”, yang dimuat dalam Iskra No. 4 (Mei 1901), Lenin menulis bahwa artikel itu merupakan “ bagan sebuah rencana yang diuraikan secara lebih terperinci lagi dalam brosur yang sekarang sedang dalam persiapan untuk dicetak”.

Lenin mulai benar-benar menulis buku ini dalam musim rontok tahun 1901. dalam “Kata Pengantar ‘Dokumen-Dokumen Kongres “Persatuan”’ “, yang ditulis dalam bulan November 1901, Lenin menerangkan bahwa buku itu “sedang dalam persiapan dan dalam waktu dekat akan terbit”. Dalam bulan Desember, dalam Iskra No. 12, Lenin memuatkan artikel “Percakapan Dengan Pembela-Pembela Ekonomisme” yang kemudian dinamakan Ikhtisar Apa Yang Harus Dikerjakan ?. Dalam bulan Februari 1902 Lenin menulis kata pengantar untuk buku itu. Pada awal bulan Maret buku Apa Yang Harus Dikerjakan ? diterbitkan di Stuttgart oleh Penerbit Dietz. Pengumuman tentang penerbitannya itu dimuat dalam Iskra No. 18, 10 Maret 1902.

Ide-ide Lenin yang diajukan dan dibentangkan dalam Apa Yang Harus Dikerjakan ? dipertahankan dan dikembangkan oleh Kawan Stalin. Brosurnya Secara Ringkas Tentang Perbedaan-Perbedaan Pendapat Dalam Partai, yang ditulis dalam musim semi tahun 1905, langsung menyambung dengan Apa Yang Harus Dikerjakan ? (Lihat Y. W. Stalin, Kumpulan Karya, edisi Rusia, Jilid 1, hlm. 89-130). Artikel Kawan Stalin “Jawaban Kepada Sotsial-Demokrat”, yang dimuat dalam surat kabar Proletariatis Brdzola (Perjuangan Proletariat) dalam bulan Agustus 1905 (Lihat Y. W. Stalin,

Kumpulan Karya, edisi Rusia, Jilid I, hlm. 160-172), juga diperuntukkan membela ide-ide Lenin yang diuraikan dalam Apa Yang Harus dikerjakan ?. Ketika memberi penilaian yang tinggi kepada artikel ini, Lenin menyatakan bahwa ia berisi “suatu penyajian secara bagus sekali soal ‘pemasukan kesadaran dari luar’ yang terkenal itu”.

Ketika menerbitkan kembali Apa Yang Harus Dikerjakan ? pada tahun 1907 dalam kumpulan Dua Belas Tahun, Lenin meniadakan paragraf A dari Bab V “Siapakah Yang tersinggung Oleh Artikel ‘Dari Mana Mulai’ ?’ “ dan menunjukkan dalam kata pengantar bahwa buku itu diterbitkan dengan “penyingkatan-penyingkatan yang sedikit sekali, hanya membuang detail-detail mengenai hubungan-hubungan keorganisasian dan catatan-catatan polemik kecil”. Bersamaan itu Lenin menambahkan lima catatan bawah halaman dalam edisi baru.